Tugas Softskill ke 3 Etika Bisnis

Platinoem Band

Pada permulaan suatu band dalam industry music di Indonesia tidak mudah dapat bertahan jika tidak mempunyai kualitas pada band nya. Suatu band haruslah memiliki ciri khas pada setiap lagu, aliran music yang dibawakan, dan juga karakter. Untuk konsep baru dalam bermusik. Seharusnya, inilah yang ditawarkan Platinoem Band dimana terdiri dari beberapa mahasiswa yang berprestasi di kampusnya. Dalam bermusik, mereka menggandeng seperti Sony Music Indonesia dan Kaln entertainment. Hal yang disampaikan juga tergolong unik, yakni featuring aranjer sebagai bintang tamu di dalam albumnya. Dalam album yang juga bertajuk Donny (Drums)Mocek (Electric Guitar & dan Angga (Acoustic & Electric Guitar, Backing Vocal), (Bass & Backing Vocal), Sam (Lead &  Layer Vocal), Candra. Jadi mereka harus terlihat berbeda dan mengusung warna music yang dapat diterima oleh masyarakat banyak. Di industry musik sekarang ini sedang didominasi band dengan lagu bergenre pop melayu, pop rock dan lain-lain, namun Platinoem Band tetap mengusung warna musik pop progresif dan inilah yang menjadi salah satu ciri khas yang dimiliki Platinoem Band. Jadi mereka berusaha menentang arus dengan caranya sendiri. Unik dan percaya diri untuk karya dan hasil usaha band tersebut. Untuk itu, kita dapat mengetahui,bagaimana Sony juga mempercayakan dua karya ciptanya di re-arrangement dan dibawakan Platinoem Band, yakni Bukan Untukmu dan Biarkanlah. Tak hanya Sony, aranjer lain juga menjadi bintang tamu di album Platinoem. Mereka antara lain Ronald (ex Drummer Gigi, DR.PM), dan Diat (Yovie & Nuno) Aria Baron (founder /rif, Gigi, Baron’Soulmates) Dody Is (Kahitna).

Untuk itu, mereka juga harus dapat mengubah arus perkembangan musik di indonesia untuk mengalir kearah arus musik yang mereka inginkan. Jika masyarakat menanggapi dengan sisi positif, jadi hal ini sangat baik sekali, karena dengan membawakan konsep baru ke dalam industry music di Indonesia, dan memiliki karya-karya yang dapat diberikan kepada fans-fans dari Platioem Band. Oleh sebab itu, nama band platinoem ini akan di ingat sebagai acuaan musik band di Indonesia dengan beraliran pop progresif, mungkin mereka juga dapat membuat trend baru agar mereka dapat mengangkat nama band mereka jauh ke atas dan bisa saja mereka dapat melebihi band-band lain yang lebih dulu terkenal dibanding mereka sebelumnya.

Dari apabila dari sisi etikanya, suatu band haruslah mempunyai segi etika dari lirik lagu, video clip, juga dari segi hak cipta music atau lagu. Jika dari segi etika lirik lagu, suatu band haruslah membuat lirik lagu yang baik ataupun bermanfaat bagi fans atau pun orang lain karena dengan lirik yang baik juga mudah di ingat maka band tersebut akan dapat lebih mudah dikenal orang banyak. Lalu dari segi video clip, video clip juga harus mempunyai nilai etikanya, video clip yang dibuat haruslah memiliki konsep dan dapat di pahami oleh masyarakat tujuan dari lagu yang dibawakan dan digambarkannya melalui video clip, jadi video clip dan lagu harus sesuai makna dan artinya. Dan yang terakhir dari segi hak cipta atau penciptaan lagu. Hal ini yang dapat membuat kepemilikan hak pada lagu, jadi dalam suatu band haruslah berkomitmen agar lagu yang dibuat hanyalah semata untuk band tersebut saja, dan lagu Platinoem Band adapun yang diciptakan oleh yovie widiyanto, maka lagu itu pun harus dijaga nama baiknya, walaupun lagu tersebut milik Platinoem Band namun kita juga harus menjaga nama baik penciptanya.

Dan demikianlah tanggapan dari saya terhadap Platioem Band, semoga Platinoem Band selalu sukses di blantika music Indonesia. Dan dapat di ingat oleh banyak fans nya, karena mereka mempunyai lagu – lagu dengan lirik yang menarik dan juga enak di dengar oleh masyarakat luas. Terimah kasih.

Tentang dodipermadi

no comment
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s