jurnal analisis baru 1

Judul : Lima Konsep dari Marketing Manajemen

Nama Pengarang : Debbie Kusuma

Tahun : 2011

Tema : Konsep Dasar Pemasaran Umum

–                      Latar Belakang :

Pentingnya konsep dari manajemen pemasaran :

Pentingnya pemasaran/marketing dalam  proses kegiatan bisnis terus meningkat selama tahun terakhir ini. Pada mulanya barang-barang yang dijual adalah sesuai dengan keinginan produsen untuk menjualnya. Tetapi saat ini, produsen juga harus memperhatikan, tuntutan kebutuhan persyaratan konsumen. Dan dari pihak konsumen maka konsumen akan mencari produk yang mereka butuhkan dan konsumen akan beralih kepadanya. Di dalam konsep dasar manajemen pemasaran yang membantu produsen untuk mengetahui apa yang diproduksi dan berapa banyak dari jumlah produksinya adalah :

Production consept :

Apabila seorang produsen berani memproduksi barangnya secara massal karena mengetahui adanya permintaan yang tinggi bahwa produknya akan dibeli, dan dia yakin produknya akan laku terjual. Untuk itu perlu mengidentifikasi produk yang paling banyak dibeli oleh para konsumen. Dan perlu melakukan penelitian dan riset pemasaran, untuk mencari tahu produk seperti apa yang selalu diminati dan dicari pasar. Setelah itu baru mulai memproduksi sekala rendah dan menjualnya di harga rendah.  Strateginya adalah meraih keuntungan melalui penjualan yang besar. Namun konsumen akan lebih memilih produk yang sama dengan harga yang lebih rendah. Jadi ada permintaan, ada juga kompetisi.

Product konsep :

Dari kosep produksi di atas, jelas bahwa konsumen tidak akan membeli suatu produk apabila ia bisa mendapatkannya dengan harga rendah di tempat lain. Selain itu kita juga harus ingat bahwa konsumen juga paham tentang kualitas dari produk. Jadi, konsumen akan mengukur kualitas produk anda, jika dia mendapatkan tingkat yang sangat rendah. Pasti product yang anda jual tahan lama/awet , memiliki harga yang baik dan fitur kualitas yang hebat. Dan apabila konsumen merasa tertipu sekali, maka ia akan tidak percaya pada product yang anda jual. Jadi anda harus fokus pada kualitas produk.

Selling konsep :

Menjual produk adalah suatu pekerjaan yang sulit dalam sebuah bisnis. Apabila anda dapat  menghasilkan produk yang terunggul dan memiliki teknik periklanan yang baik. Namun apakah konsumen mau mengeluarkan uangnya untuk membeli produk anda. Oleh karena itu, pusat dari bisnis harus terletak pada sebuah promosi penjualan yang kuat.  Apabila promosi penjualan anda memiliki kualitas baik, maka konsumen akan tertarik dan akan mencoba produk yang anda tawarkan. Hal ini akan menyebabkan penjualan yang cepat dan menghasilkan keuntungan.

Marketing Konsep :

Diperlukan metode promosi pemasaran yang berbeda. Jika strategi pemasaran Anda kurang baik, maka Anda akan mengalami kerugian. Untuk menjamin penjualan yang baik dan setidaknya keuntungan marjinal, organisasi bisnis harus mengikuti salah satu konsep yang sangat sederhana dan mendasar. Mereka harus ingat bahwa ‘konsumen adalah raja’. Jadi strategi pemasaran mereka harus fokus sepenuhnya membuat konsumen merasa penting dan sangat special. Produk juga harus dipasarkan sedemikian rupa sehingga konsumen berpikir produk itu diciptakan khusus untuknya. Selain itu anda juga akan memiliki loyalitas pelanggan dan pelanggan akan memiliki kepuasan mendapatkan produk yang sangat baik. Maka perusahaan anda akan mendapatkan keuntungan.

Societal Marketing Konsep :

Sementara anda merancang sebuah produk dengan tujuan akan memberikan produk anda kelebihan maka anda harus selalu berfokus bahwa produk anda memiliki keamanan bagi masyarakat umum. Kesejahtraan masyarakat harus menjadi perioritas teratas dari tujuan produksi, diikuti dengan kepuasan konsumen dan yang terakhir perusahaan mendapatkan keuntungan. Ini adalah urutan yang harus dipelihara melalui strategi pemasaran anda.

Dari lima dasar  konsep manajemen pemasaran di atas maka anda akan melihat dan mengetahui bagaimana tepatnya untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan dan meraih kepuasan pelanggan.

–          Penelitian Sebelumnya :

Di dalam jurnal ini penulis mencatumkan beberapa sumber penelitian (Vibizmanagement)

–          Masalah :

Berdasarkan dari data latar belakang masalah di atas, dapat disimpulkan masalah dalam penelitian ini adalah :

1. Produsen harus mengetahui promosi apa yang dapat dilakukan agar dapat menarik konsumen?

2.  Produsen harus mengetahui strategi pemasaran yang tepat mengenai permintaan barang yang diproduksi dan kebutuhan masyarakat setempat, serta menjualnya dengan harga yang terjangkau.

3. produsen harus mengetahui persaingan pasar yang sehat agar konsumen dapat memilih produk mana yang lebih diminati oleh konsumen.

–   Tujuan Penelitian :

1. Pentingnya daftar prospek bagi seorang marketing

2. Strategi promosi yang cocok dalam memasarkan produk

3. Mengetahui konsep – konsep  dari manajemen pemasaran

–   Hipotesis : adanya hubungan antara produsen dan konsumen

Produsen dan konsumen saling membutuhkan satu sama lain

–  Metodologi penelitian :

Data dari pusat pembelajaan yang memilih lima konsep dari marketing manajemen :

Jakarta pusat : FX Plaza Indonesia

: ITC Cempaka Mas

: ITC Roxy Mas

Jakarta timur : Arion Mal

: Pusat Grosir Jatinegara

:  Tamini square

Jakarta barat : Central Park Jakarta

Glodok Plaza

Harco Glodok

Jakarta selatan  : Pondok Indah Mall

   Blok M Square

Cilandak Town Square

Jakarta utara         :  La Piazza

WTC Mangga Dua

Mall Kelapa Gading

–       Hasil dan analisis : adanya hubungan yang erat dan saling membutuhkan antara produsen dan konsumen, sehingga akan menimbulkan kepentingan masing-masing pihak. Disamping itu hal – hal yang harus diperhatikan juga bagi produsen adalah harus tetap menjaga konsumen agar  tetap percaya pada perusahaan dalam membeli suatu produk.

Tugas ini diberikan oleh Bapak Prihantoro

Tentang dodipermadi

no comment
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s