Dasar Hukum Pengamanan Perbatasan Indonesia

Setiap wilayah perbatasan di Indonesia, terutama wilayah perbatasan darat  antara Indonesia – Malaysia, Indonesia –  Timor Leste dan Indonesia – Papua Nuigini  memiliki kerawanan  yang tinggi untuk terjadinya konflik atau insiden yang dapat memicu keretakan hubungan kedua negara atau lebih.  Oleh karena itu  jika terjadi suatu perselisihan  di sekitar wilayah perbatasan harus di selesaikan dengan cara – cara yang damai  oleh kedua Negara yang bertikai.

Staf Direktorat Hukum Angkatan Darat , Letkol CHK  Budi Purnomo  di Jakarta menegaskan  berdasarkan Pasal 7 ayat 2 no 34 / 2004 tentang tugas pengamanan perbatasan , dimana untuk perbatasan darat dengan negara lain, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat ( TNI AD ) yang memiliki kewenangan penuh untuk bertanggung jawab dalam  pengamanan perbatasan terutama mempertahankan keutuhan wilayah Negara.

“Dasar pengamanan perbatasan pada piagam PBB pasal 2 , butir  yang mana disebutkan setiap Negara diperbolehkan melakukan pengamanan wilayah sebagai upaya untuk menjaga integritas wilayahnya. Dengan catatan yaitu dengan cara mengamankan integritas wilayahnya tidak dengan cara – cara yang mengancam atau integritas wilayahnya tidak menggunakan  dengan cara – cara kekerasan”. Ujarnya.

Ditegaskan Budi Purnomo, setiap perbatasan antar negara  memiliki karakteristik yang berbeda, oleh karena itu yang perlu diperhatikan didalam mengamankan wilayah perbatasan yaitu  Pengamanan perbatasan memiliki sifat rentan , karena setiap insiden yang terjadi adalah insiden Internasional yang menyangkut hubungan kedua Negara atau lebih. Kerena itu, Menurut Budi Purnomo setiap pengamanan perbatasan yang dilakukan oleh pihak keamanan dari Negara – Negara yang berbatasan haruslah dengan cara – cara yang damai. fsl/pri/ LPP RRI

Sumber : google.com

Tentang dodipermadi

no comment
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s