Kapal Perang AS Menuju Libya

nama : dodi permadi

npm : 14209478

kelas 2EA13

Perang AS dengan ratusan marinir di atasnya telah bergerak menuju Libya, Selasa (1/3/2011). Hal itu dikatakan para pejabat pertahanan AS, ketika Amerika dan sekutu Eropa-nya berusaha untuk meningkatkan tekanan terhadap pemimpin Libya, Moammar Khadafy, agar segera mundur.

Kapal USS Kearsarge, sebuah kapal serbu amfibi yang didampingi dua kapal angkatan laut lainnya, kata dua pejabat yang berbicara tanpa menyebut nama kepada kantor berita AFP, diperkirakan segera melewati Terusan Suez dari Laut Merah. “Kami tentu saja akan memindahkan peralatan ke tempat yang lebih dekat (Libya),” kata salah seorang pejabat pertahanan itu.

Kapal USS Kearsarge serta dua kapal pendampingnya, dengan sekitar 800 marinir di atasnya, yang dilengkapi armada helikopter dan fasilitas medis, dapat mendukung upaya kemanusiaan serta operasi militer. “Sebuah kapal seperti Kearsarge mampu menjalan banyak jenis misi,” kata pejabat yang sama.

Para pemimpin militer AS kini sedang mempersiapkan serangkaian opsi bagi Presiden Barack Obama dan tengah mengadakan pembicaraan dengan sekutu Eropa-nya. Namun, kata pejabat itu, kemungkinan intevensi militer terhadap Libya tetap tidak jelas. “Saya pikir itu (opsi) bisa apa saja, mulai dari unjuk kekuatan hingga sesuatu yang lebih terlibat,” kata pejabat tersebut. Ia menambahkan, “Presiden belum membuat keputusan tentang penggunaan kekuatan militer.”

Sejumlah pengamat mengatakan, unjuk kekuatan secara simbolis di pantai Libya dapat meningkatkan tekanan terhadap Khadafy. Namun, menurut pejabat itu, pengerahan pasukan angkatan laut dan udara di dekat Libya bukan suatu gertak sambal. “Ada tentara di kapal-kapal yang menuju ke arah itu. Jadi itu nyata,” ujarnya.

Sebuah kapal induk AS, USS Enterprise, yang memiliki jet-jet tempur yang dapat menegakkan kemungkinan zona larangan terbang, juga bisa dipanggil untuk mengatasi krisis Libya. Menurut web Angkatan Laut AS, kapal induk itu sekarang ini berada di utara Laut Merah. Namun, sebuah foto yang dikeluarkan kantor berita EPA, kemarin, memperlihatkan kapal itu tengah melintasi Terusan Suez.

Sumber :     Kompas.com

Tentang dodipermadi

no comment
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s